Apa Itu Foundation dan Jenis-Jenisnya

Teks: Emme Marina Mohamad

Apa itu Foundation Wajah?

Menjadi wanita kita tidak lari dari masalah kulit kusam, jeragat dan jerawat yang menjadi tumpuan mata-mata yang memandang. Semua wanita mengimpikan wajah yang berseri, mulus dan sekata. Maka di sinilah peranan kosmetik foundation.

Fungsi utama foundation adalah membuat wajah terlihat lebih halus dalam waktu yang singkat.

Foundation juga berguna untuk menyamarkan berbagai kekurangan yang dimiliki oleh wajah seperti kerutan, bekas jerawat, noda hitam, bekas luka, dan lainnya. Yaa walau pun untuk fungsi yang ini, akan lebih tepat jika digunakan bersama Concealer.

Berikut ini adalah beberapa jenis foundation yang ada di pasaran:

1. Sheer foundation

Sheer foundation adalah jenis alas bedak yang mengandung bahan silikon namun mudah diaplikasikan ke muka. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih bersinar alami serta bebas minyak.

Nota penulis: Silikon menghalang air ke muka, maka jika foundation anda adalah jenis sheer foundation wajib bersihkan wajah dengan makeup remover supaya wuduk dan solat anda sah. 

2. Matte foundation

Alas bedak jenis ini tidak mengandung minyak sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak. Foundation jenis ini juga mudah kering sehingga tidak disarankan untuk mengaplikasikan alas bedak ini terlalu tebal pada wajah.

3. Oil-based foundation

Alas bedak jenis ini mengandung minyak dan sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit kering.

4. Liquid foundation

Liquid foundation terdiri dari dua jenis foundation yang berbahan dasar air dan minyak. Untuk yang berbahan dasar air justru disarankan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan sensitif karena alas bedak jenis ini tidak mengandung minyak.

Sementara yang berbahan dasar minyak sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit kering atau dehidrasi pada kulit.

5. Cream foundation

Alas bedak jenis ini halus seperti krim dan memiliki kandungan pelembab. Untuk Anda yang ingin menyamarkan garis halus atau kerutan pada wajah, foundation ini sangat disarankan.  Cream foundation sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit wajah dan normal.

6. Mousse

Foundation atau alas bedak ini menyerupai busa dan bisa menutup noda yang tebal pada wajah. Bila digunakan, hasilnya akan lebih natural dibanding dengan alas bedak jenis lainnya. Mousse cocok digunakan untuk segala jenis kulit wajah.

7. Compact Foundation

Berbeda dengan jenis foundation yang lain, compact foundi adalah gabungan bedak tabur dan foundi dalam satu tempat. Biasanya berbentuk seperti bedak yang mudah untuk di aplikassikan di wajah.

8. Two way cake

Sama seperti compact foundation, two way cake berbentuk seperti bedak dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Jika dipakai menggunakan spons yang basah, maka akan sama seperti memakai alas bedak cair atau krim cair.

9. Stick

Foundation ini biasanya berbentuk stik dan bisa digunakan untuk menutup segala noda hitam dan flek bekas jerawat yang muncul di wajah. Alas bedak berbentuk stick dianjurkan bagi kulit kering dan normal.

10. Tinted moisturizer

Alas bedak ini berfungsi juga sebagai pelembab wajah dengan dominasi warna coklat dan sesuai dengan semua jenis kulit. Bagi Anda yang ingin menambah kesan kulit eksotis pada wajah, foundation jenis ini sangat disarankan meski tidak bisa menutup flek atau noda hitam pada wajah.


Saya sendiri biasanya lebih gemar menggunakan liquid foundation dan moist cake. Liquid foundation dari dms360 adalah jenis air. Maka ianya tanpa silikon, lebih mudah dicuci dan tidak berminyak. Manakala moist cake pula adalah dari syarikat nurraysa, merupakan gabungan bedak, foundation dan cc cream.

Ini adalah 4d foundation. Dipakai selepas menggunakan uv cream. Kesannya sangat cantik pada wajah dan seolah-olah anda tidak bermake up

Alhamdulillah, Semoga entri ini mendapat manfaat bagi semua.
Jika anda tanya saya, yang mana paling sesuai untuk semua jenis kulit maka jawapan saya ialah jenis liquid foundation jenis air. Ini kerana teksturnya yang sangat ringan, tidak mudah tercapuk dan sesuai dipakai oleh mereka yang memiliki kulit sensitif. Juga pemakaiannya sangat ringkas dan paling penting tidak perlu tambahan makeup remover.

testimoni foundation dari dms360






Ada lagi tahu jenis cc dan bb pula. Entri lain saya akan cuba terangkan apa beza antara foundation, concealer, cc cream dan bb cream. Semoga ketemu lagi.


Hubungi saya

Emme Marina Mohamad
0189100852

No comments