Tips Memilih Kosmetik Halal



Tahukah Anda? 60% dari produk kosmetik –terutama produk perawatan kulit- diserap oleh kulit dan masuk ke pembuluh darah. Akibatnya, zat-zat yang terkandung dalam produk tersebut akan mengalir dan diserap oleh tubuh; seperti makanan. Maka, layaknya makanan, penting bagi kita-terutama wanita muslimah- untuk memperhatikan keamanan dan kehalalannya. (Walaupun ada juga produk yang hanya melapisi bagian luar kulit, perlakuannya tetap sama. Logikanya, sudikah dirimu jika lemak babi atau bahan berbahaya seperti mercuri dioleskan pada wajahmu?). Sayangnya, dewasa ini banyak produk kosmetik dan skin care yang mengandung bahan-bahan yang diragukan aspek kehalalannya.
Jadi, patutlah kita pertanyakan…
Telah halalkah kecantikan kita?
Dengan kata lain, apakah kosmetik yang kita gunakan halal?


Tips memilih kosmetik yang halal
1. Logo halal dari JAKIM

SUMBER

Jika anda lihat, tidak banyak produk kosmetik ini mempunyai logo halal. Jadi adakalanya sukar untuk kita pastikan sama ada produk itu sah solat atau tidak. Dan hal paling tidak endah kita lakukan ialah apabila membeli produk kecantikan ini yang anda tidak pasti statusnya, belilah dan bertanyakanlah kepada penjual tersebut, pastikan penjual itu tahu hukum hakam produk dan pembuatannya. Jika ditanya pada penjual bukan Islam, bagaimana pula ya?? renung-renungkanlah.. 
2. Bahan Ramuan
Bahan Kosmetik Haram
Bahan yang berasal dari tumbuhan secara natural halal kecuali yang telah tercampur dengan enzim haiwan. Menurut  fashionesedaily.com, Seluruh bahan turunan dan ekstrak dari binatang yang diharamkan–seperti babi dan anjing–dapat dipastikan haram karena sifat/jenisnya memang diharamkan. Bahan-bahan yang berasal dari haiwan lain dan turunannya biasanya tergolong nonhalal–kecuali dari jenis ikan dan lebah–bukan karena sifat bahannya yang haram, melainkan karena prosesnya (penyembelihan) yang dikhawatirkan tidak sesuai dengan syariah. Selain itu juga karena alasan etika.
Sementara itu, bahan sintetik kimia harus disediki lebih jauh apakah ia berasal dari sintetik tumbuhan atau hewan. Sedangkan bahan dari manusia dapat dipastikan haram karena menggunakannya berarti kanibalisme.
Bahan yang telah dinyatakan haram oleh MUI antara lain Plasenta Manusia dan Sodim Heparin (karena berasal dari babi).
Bahan Kimia 
No
Nama Bahan
Keterangan
Haram jika …
Produk
1PlasentaPlasenta atau ari-ari diklaim dapat mempertahankan kekenyalan kulit. Ia dapat berasal dari manusia dan hewan mamalia seperti sapi, babi, dankambing.Hati-hati karena bahan ini kadang disamarkan dalam kemasan produk dengan nama ‘protein’berasal dari manusia dan hewan haram. Sedangkan plasenta dari hewan yang halal dan diperoleh melalui proses persalinan, boleh digunakan.Lipstik, pelembab bibir, parfum, cream wajah, losion pelembab kulit, sabun mandi, dan bedak.
2Cairan Amnion Merupakan cairan yang melindungi janin dari benturan fisik dalam rahim. Berfungsi menghaluskan kulit. Bahan ini dapat berasal dari manusia, sapi, lembu jantan dan babi.berasal dari manusia dan hewan haramPelembab, lotion rambut dan perawatan kulit kepala serta shampo
3Glyserin / GliserolMerupakan turunan lemak hasil samping pembuatan sabun. Berfungsi melembutkan dan menghaluskan kulit. Bahan ini dapat dibuat dari hidrolisis lemak atau minyak dari hewan atau tumbuhan (turunan lemak), sintetik kimia yang berasal dari gas propilena (minyak bumi) atau produk microbial.berasal dari hewan yang haram.Pembentukan gliserin ini bisa melibatkan enzim yang berasal dari hewan yang juga harus diwaspadai aspek kehalalannya.Sabun mandi, pelembab, hand and body lotion, face pack, masker, liquid face powder, lipstick, lipgloss, protective cream (sun block), skin freshener dan pasta gigi.
4KolagenKolagen berasal dari jaringan ikat kulit  babi, biri-biri, kambing, sapi (bovine collagen, zyderm) dan organ manusia. Berfungsi menjaga elastisitas kulit. Kolagen yang sering digunakan untuk kosmetik adalah kolagen dari babi karena lebih ekonomis dan lebih bagus.berasal dari manusia dan hewan haramPelembab, hand & body lotion, produk rejuvenasi kulit baik secara implant maupun topical (dioleskan)
5Asam Alfa Hidroksi (AHA)Berfungsi mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit. Salah satu senyawa AHA yang banyak dipakai adalah asam laktat (lactic acid).Pembuatan asam laktat melibatkan media yang berasal dari hewan yang harus diwaspadai aspek kehalalannya.
6VitaminTerdapat beberapa vitamin yang mempunyai sifat tidak stabil, sehingga harus distabilkan dengan bahan penstabil. Bahan yang sering dipakai diantaranya adalah gelatin (yang berasal babi dan sapi), karagenan, gum, atau pati termodifikasi.Menggunakan bahan pestabil berupa gelatin dari babiproduk perawatan kulit dan rambut.
7Hormonhormon estrogen, ekstrak timus dan melantonin adalah contoh hormon yang biasa digunakan pada kosmetik. Hormon tersebut dapat memberi kesan seakan pengguna lebih muda, cantik, dan segarHormon berasal dari hewan sehingga harus diteliti lagi aspek kehalalannya.
8ElastinElastin merupakan komponen jaringan ikat kulit selain kolagen. Biasanya terdapat bersama-sama kolagenBerasal dari hewan haramproduk perawatan kulit dan rambut
9Allantoin dan turunannya meliputi Aluminiumchlorhydroxy Allantoinate, Aluminiumdihydroxy Allantoinate, Allantoin N Acetyl DL Methionine dll.Berfungsi membantu mempertahankan kelembaban dan kelembutan kulit, serta anti iritasi kulit. Allantoin cair dapat diketemukan pada janin mahluk hidup, air seni anjing, benih gandum, cacing tanah dan komponen organik lainnya.Berasal dari hewan haramproduk deodoran, anti iritasi pada perawatan bayi, moisturizing cream and lotion, pasta gigi, produk skin care dan sebagai anti dandruff pada shampo.
10Botox atau botulinum toxin tipe AMerupakan protein kompleks yang dihasilkan dari bakteri Clostridium Botulinum.Proses pembuatan menggunakan serum albumin dari manusia atau hewan haram
11LanolinSejenis minyak/lemak yang biasanya berasal dari hewan.Berasal dari hewan haram/proses penyembelihan tidak sesuai syariahproduk lotion, salep kulit, whitening cream dan pemberi efek glossy pada lipstik.
12KeratinDapat berasal dari protein kacang kedelai maupun protein hewan Berasal dari rambut manusia atau protein hewan haramproduk pewarna rambut.
13Asam Hialuronat (Hyaluronic Acid)Berfungsi menjaga kesehatan kulit. Terdapat dalam cairan mata dan tali janin.Berasal dari hewan haramwhitening cream dan perawatan kulit
14Lemak dan turunannya, seperti lauric acid, stearic acid, gliserin, GMS, cetyl alc, glycolic acid, dan palmitic acid; Nayad (ekstrak khamir); cerebroside; asam amino; cholesterol; cystine (sistina); hydrolised animal protein; lipids; dllBerasal dari hewan haramlotion, sun block, whitening lotion, lotion, dll.

Bahan Beralkohol
Alkohol sering dikaitkan dengan definisi arak. Tetapi bukanlah semua alkohol itu haram. Malah ubatan juga mengandungi sedikit kandungan alkohol, namun ianya masih dikira halal atas sebab-sebab yang telah dijelaskan. Bagaimana pula perkaitan antara alkohol-kosmetik?
Nama Bahan
Keterangan
Cetyl Alcohol – HalalCetyl alcohol adalah alcohol yang terdiri dari molekul berantai panjang. Alkohol ini berbentuk padat sehingga tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap kulit. Bahan ini juga tidak beracun.
Cetearyl alcohol – HalalPada kosmetik dan skin care, cetearyl alcohol bukanlah benar-benar alcohol. Zat ini merupakan lilin (wax) yang teremulsi yang dibuat dari tumbuhan.
Ethyl Alcohol – HaramEthyl Alcohol banyak digunakan pada lotiaon aftershave maupun parfum wanita. Zat ini dapat diserap oleh kulit. Nama lain bahan ini antara lain ethanol dan methylated spirit

Bahan Kalis Air - Waterproof
Kosmetik ini adalah berbagai produk kosmetik mulai dari maskara, lipstik, serta kosmetik yang berbahan dasar minyak silikon (silicon-based oil), yang disebut dimethicone. Bahan ini membantu untuk menjaga agar kulit tetap lembut. Selain itu, ia juga membantu agar produk kosmetik ini mudah diserap oleh kulit dan rambut. Bahan-bahan inilah yang membuat kosmetik water proof tidak mudah terhapus. Selain itu, kosmetik water proof termasuk air dalam minyak, yang berarti komponen minyak lebih besar daripada komponen airnya. Komponen minyak pada kosmetik water proof ini menghalangi penetrasi air ke dalam kulit. Oleh sebab itu, untuk membersihkannya diperlukan suatu surfaktan, sebuah bahan yang dapat mengurangi kontak minyak dengan kulit sehingga komestik water proof dapat dibersihkan. Umumnya, pembersih yang digunakan adalah dalam bentuk milk cleanser dan face tonic.
Walaupun kosmetik water proof menjaga riasan seorang wanita tetap segar dan bersih, kosmetik ini tetap saja memiliki beberapa masalah terhadap kesehatan, tetapi bukan termsuk kosmetik berbahaya. Kosmetik jenis ini tidak dapat dihilangkan dengan air, oleh sebab itu dibutuhkan pelarut khusus untuk menghilangkannya. Peralut ini biasanya cukup keras, sehingga dapat menghapus sebum penting dari kulit. Jika dihapus, kulit akan rentan terhadap infeksi, sinar matahari dan berbagai masalah kulit lainnya. Selain itu, kosmetik water proof yang tidak terhapus oleh air, menjadi masalah bagi muslimah yang hendak mengambil wudhu tetapi repot membersihkannya dengan pembersih khusus terlebih dahulu. Sementara itu, penetrasi air ke kulit akan terhalangi oleh kosmetik-kosmetik water proof tersebut. Penggunaan maskara yang tahan air juga menghalangi bulu mata terbasahi oleh air.

Sumber
1. https://goldenfemale.wordpress.com/2012/08/16/cantik-dengan-kosmetik-halal/
2. http://muslim-archi.blogspot.my/2013/07/bolehkah-wanita-yang-memakai-kosmetik.html

Nurraysa Kosmetik





Nurraysa Beauty terkenal dengan pengeluaran bahan penjagaan kulit- skincare yang diperbuat daripada bahan semulajadi - bebas bahan kimia yang pastinya amat menjaga diri kita supaya dapat merawat kulit wajah tanpa ragu-ragu.
Kini, mereka tampil dengan produk-produk kecantikan- kosmetik yang mesra solat supaya golongan wanita muslimah dapat tampil cantik, lebih yakin tanpa risau akan status soal haram atau tidak sah solat semasa bermake up.
Info Penting Kosmetik Nurraysa
1. Halal
2. Mesra Solat
3. Tanpa bahan kimia
4. Tanpa Silicon
5. KKM
Set Kosmetik Nurraysa terdiri:

~LIPSTICK
~GLOWING DD MOIST CAKE
~EYELINER
~SHINING BLUSHER
~LOOSE POWDER



Saya sendiri memilih produk kosmetik nurraysa atas sebab-sebab di atas. Tiada lagi yang lebih penting dari pemilihan kita, jangan kerana ingin murah sahaja anda merasakan rugi akan hal akhirat. 

Bedak ini tidak membuat kulit wajah saya alergi, malah menjadi lebih halus ,bebas kilap, dan terlihat lebih cerah. Ssstt.. ada sedikit tips nih. Untuk hasil merata, oleskan Nurraysa Glowing Compact Powder ke arah bawah sesuai dengan arah bulu halus di wajah dan leher.  Jadi tambah cantik plus Halal pula! Terima kasih Nurraysa! ;)

PAKEJ CADANGAN UTK ANDA:
1) SET BAJET (LIPSTICK + DD MOIST CAKE) RM69, selepas discount RM 63

2) SET SEDERHANA ( LIPSTICK + DD MOIST CAKE + EYELINER frown emoticon RM 104,slps discount RM92.00

3)SET BEST- LENGKAP ( LIPSTICK + DD MOIST CAKE + EYELINER + LOOSE POWDER)
= RM154,slps discount RM121.90

4) SET ANGGUN ( LIPSTICK+ DD MOIST CAKE + EYELINER + LOOSE POWDER + BLUSHER)
RM 183,slps discount RM 141.90

POSTAGE RM 7 SM/RM 11 SS

Ingin miliki set kecantikan wajah hari ini?
Hubungi saya Agen Sah Nurraysa
018-9100852 (Emme)

Apa kata Pengguna Nurraysa?


1 comment